Kamis, 02 April 2015

Happy Birthday Mama

Dia bukan sosok wanita yang bergelar S1, S2 atau bahkan S3, dia juga bukan superwoman, dia bukan sosok wanita yang anggun, dia bukan sosok wanita yang banyak harta, dia hanya manusia biasa yang menjadi sangat luar biasa dimata anak-anaknya. mungkin semua anak menganggap bahwa ibu mereka adalah ibu yang terbaik di dunia, begitu juga kami, kami menganggap mamak adalah ibu yang paling terterterbaik di dunia. tapi kami punya cerita sendiri tentang mamak kami yang emang sangat luar biasa.
Banyak sebutan yang kami berikan kepadanya, mama, bunda, ibunda, mamake, ma'e, mami, tapi panggilan mamaklah yang paling sering kami gunakan untuk bisa akrab dengannya. Mamak menjadi panggilan sayang kami kepadanya, biasanya sebutan mamak emang digunakan untuk memanggil ibu yang melahirkan kita ataupun orang tua kita. tapi bagi kami mamak bukan hanya sebagai orang tua, tapi mamak juga sebagai sahabat, guru, teman bercanda, teman berantem, teman jalan, dokter, dan dia juga bisa menjadi superhero buat kami.
begitu hebatnya mamak buat kami, dia melahirkan 4 anak yang kini semakin tumbuh menjadi dewasa, dan lagi mamak begitu hebat saat melahirkan aank ke 3 yang lahir secara bersamaan dengan jarak waktu 10 menit dengan persalinan normal. yup setelah memiliki anak pertama dan kedua berjenis kelamin perempuan, mamak mendapat rezeki memiliki anak kembar cewek dan cowok. saat itu tahun 2000. Saat itu kondisi perekonomian sangat menurun, ketika kami masih numpang dirumah kaka ipar mama dan harus segera pindah secepat mungkin kerumah kami yang sekarang sangat saya rindukan suasanya, namun saat itu bentuk rumah masih jauh dari layak, rumahnya belum selesai dibangun, tapi karena satu dan lain hal kami harus pindah kesitu, belum ada listrik, ibaratnya ruamh itu masih kerangkanya yang berdiri, tapi gatau kenapa saat itu mama selalu berusaha untuk memberikan kami yang terbaik dan selalu membuat kami untuk terus bersyukur kepada Allah.
Saat itu mama harus mengurus ke empat anaknya, ia mengerjakan pekerjaan rumahnya sendiri dan terus merawat anak kembarnya yang masih bayi, karena ayah harus kerja satu harian untuk kami. yang saya sangat ingat saat itu mama harus menggendong anak kembarnya secara bersamaan, jadi yang cewek disebelah kanan dan yang cowok disebelah kiri, begitu sepanjang hari.
Hal lain yang gak bisa dilupakan dari si mamak adalah, jadi dulu mamak itu mengajarkan kami untuk menabung dan terus menabung, apalagi kalau ada barang atau sesuatu yang ingin dibeli. jadi ceritanya setiap kali kami menginginkan sesuatu gak ujuk-ujuk langsung bisa dibeliin sama si mamak dan ayah, kami harus ada ritual menabung dengan uang jajan yang dikasi sampai uangnya terkumpul dan baru bisa kebeli itu barang. Dan suatu hari saat itu didekat rumah lagi musimnya main Scooter (ituloh yang dipakai sama Teletubies) nah anak-anak sekeliling rumah saya sudah pada beli, bagus-bagus banget, nah saat itu saya lupa harganya, tapi yang jelas harganya itu sangat mahal banget. terus saya bilang sama mamak. "Mak, kepingin skuter mak." dan jawaban mamak yang selalu menjadi senjatanya ketika kami meminta sesuatu dan akan selalu saya ingat adalah "Iya nak, ntar ya ntar, biarin aja orang itu punya dulu, ntar kalau punya orang itu uda jelek, punya kalian masih baru." kebayang gak agen samar-samar betapa jagonya si mama memanipulasi kalimat tanpa menunjukkan bahwa dia sebenarnya gak punya uang untuk membelinya. Saat itu saya merasa, "ih iya juga yah." dan saya merasa, yauda gapapa dan gak berkecil hati, dan tapi nyatanya sampai skuter mereka sudah rusak, mungkin sekarang sudah di tumpukan barang ronsokan, sampai sekarang gak kebeli tuh skuter. hahahahah, masih banyak deh cerita dibalik hebatnya mamak saya. saya yakin mamak agen samar-samar semua juga hebat-hebat dimata agen samar-samar semua

Nah ini ada video yang saya buat untuk mama di ulang tahun nya kali ini. hiraukan saja suara-suara yang gak enak didengar soalnya suara saya gak sebagus suara si mama yang emang penyanyi. Tapi cuma ini yang bisa saya berikan buat mamak saya, dari kejauhan sini saya selalu berharap mama sehat, mama selalu menjadi kebanggaan kami. Ma, fanni kangen mama dan keluarga yang di Medan. Fanni sayang banget. Mohon maaf ya ma kalau fanni belum bisa memberikan apa-apa untuk mama.



"uda, makasi ya dok lagunya, uda kewajiban orang tua untuk selalu menyayangi anaknya itu yang bisa mama berikan pendidikan ilmu." balasan sms mama sehabis melihat video yang di unggah di Youtube.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;