Sabtu, 28 Maret 2015

Swaragama Broadcaster Competition

Oke, pagi itu di grup Whatsapp kelas rame banget yang pada ngajakin buat dateng ke Swaragama Broadcaster Competition, tadinya emang uda niat banget buat dateng ke acara itu, karena sebelumnya teman-teman sama senior-senior uda gembor-gembor soal acara ini. saya pun merasa sudah mulai jarang datang ke acara kampus karena kegiatan lainnya di luar kampus. tapi gak kala pagi itu niat saya bulat untuk aktif lagi ke acara kampus, kalau bukan kita, mahasiswanya siapa lagi yang menyemarakkan acara-acara kampus begini. hehehehe. :) semangat sangat menggebu-gebu, tapi kasur dan fasilitas wifi di kamar membuat badan ini terasa ingin terus bersantai, alhasil acaranya dimulai jam 9 pagi dan LOL saya baru mandi jam 9. oke ini jangan ditiru ya agen samar-samar. hehehe harus belajar buat tepat waktu dan gak ngaret. hihihi

Pagi itu saya janjian sama mbak Susy (teman satu kelas saya) untuk datang keacara tersebut, dan saya menjemput mbak Susy di kosnya yang gak jauh dari kontrakan saya. Berkendara dengan santai kita menuju kampus yang juga gak begitu jauh dari tempat tinggal kita. Seperti biasa kita parkir motor di sisi selatan gedung dekanat fakultas seni media rekam dan naik ke lantai 3, yup menuju ruang Auvi, tempat kita bisa join ke acara yang sudah di penuhi mahasiswa yang ikut berpartisipasi di Swaragama Broadcaster Competition ataupun yang cuma ikut free classnya doang, seperti saya ini.

Sebelum masuk ke ruangan, seperti biasa kita harus mengisi daftar hadir, didaftar hadir itu kita harus mengisi nama lengkap, username twitter, no Hp dan masi ada lagi saya lupa. Ini menarik perhatian saya kala itu, di daftar hadir kita mengisi username twitter kita, Saat ini menurut saya sosial media emang lagi merajai dunia, tapi menurut saya ini juga bisa menjadi hal yang positif karena dengan ini kita bisa dengan cepat mengakses sesuatu, Sosial media bagi saya juga bisa meningkatkan eksistensi seseorang, apalagi sosial media dalam hal ini twitter merupakan media penyebaran informasi yang singkat, padat, dan real time. Tapi harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya ya agen samar-samar.

Oke, back to topic nah, karena saya baru mandi di jam 9 yaitu jam dimana acara itu dimulai otomatis saya telat menghadiri acara tersebut, tapi seenggaknya saya masi tetap bisa mendengarkan beberapa materi dari pemateri yaitu Bang Vian, dia itu penyiar  . Nama lengkapnya kalo gak salah Vian aditya nama twitternya  . nah bang Vian saat itu membahas tentang "Berduit modal ngomong ala penyiar radio." oke dong ya judul materi hari itu, yup jelas dong soalnya bang Vian ini penyiar di Swaragama. Dan saya yakin buat semua akademis jogja (sebutan untuk pendengar swaragama) sudah pasti gak asing dengan suaranya.

Karena saat itu saya telat saya cuma kebagian materi tentang menjadi peyiar itu memperluas network. yup penjelasan dari bang vian sendiri dia mencontohkan dari dirinya sendiri, jadi saat itu dia dapat kesempatan buat wawancara dengan salah satu staff dari airasia dan dari situ secara gak langsung bang vian memperluas jaringannya sampai dengan salah satu maskapai penerbangan, nah dari luasnya jaringan sudah otomatis bakal nambah wawasan, salah satu contohnya bang Vian jadi tau tentang promo-promo yang dilakukan pihak Airesia dan masih banyak lagi pastinya.

Nah diakhir kelas, ada sesi tanya jawab. jadi ada salah satu peserta yang bertanya kak gimana sih caranya menghilangkan rasa gugup??? hal apapun itu jika kita harus berhubungan dengan orang banyak rasa gugup, nervous, degdegan, deman panggung dsb mendadak menyerang kita. loh penyiar radio kan gak langsung bertemu dengan audience dia haya ngomong-ngomong aja di studio lalu didengar oleh public??? eeittss gak segampang itu, penyiar radio juga manusia, dia juga pasti punya rasa gugup, bukan hanya sekedar ngomong, tapi bagaimana dia membuat omongannya itu gak monoton dan disenangi sama penggemarnya, walaupun kita gak bisa melihat mimik wajah sang penyiarnya. kalau bang Vian bilang "gugup itu pasti", gugup bukan berati gak bisa apa-apa guys." oke banget yah kalimatnya. hehehe bang Vian juga menjelaskan Grogi yang baik itu takut gak bisa ngasi informasi terbaik kepada audience. oke berarti grogi itu ada karena rasa "takut" yang berlebihan. Pada sesi yang sama bang Vian juga menceritakan tetang pengalaman berhadapan dengan om bob sadino, jadi kala itu saat mau performance om bob mondar-mandir terus bang Vian nanya, om kenapa om mondari-mandir om? terus om bob jawab, ini supaya saya menghilangkan rasa grogi saya. oke, public figure sekelas om bob sadino aja masih bisa grogi apalagi buat kita para pemula. nah jadi bang Vian rekomendasiin kita buat bikin ritual sendiri sebelum kamu melakukan sesuatu yang bakal buat kamu grogi, nah sesuatu itu kamu suges bisa menghilangkan rasa grogi kalian, contohnya main game, minum air putih, lari-lari, atau ke kamar mandi. Nah jangan yang terpenting bagi saya juga jangan lupa membaca doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu agar dapat diberi kelancaran dari sang pencipta. Nah yang jelas jangan sampi audience tau kalau saat itu kita lagi grogi, karena sebisa mungkin kita menutupi groginya kita itu.

Ngomong-ngomong tentang penyiar radio, jadi dari dulu pingin banget bisa ngelanjutin jadi penyiar radio, jadi dulu ceritanya pernah iseng-iseng gitu pura-pura jadi penyiar radio disalah satu radio swasta di medan, yah dan pernah juga jadi salah satu narasumber di radio negeri di Medan juga mewakili salah satu peserta yang mengikuti lomba film di Medan. Jadi pingin banget bisa mengudara dan bisa dikenal sama public hanya dari mendengar suaranya, maklum deh saya termasuk orang yang gak terlalu cantik jadi cukup membanggakan suara ajadeh. Tapi gatau kenapa yah agen samar-samar sayaitu agak plinplan dan banyak maunya, tapi yah gitu anget-anget *** ayam, yah mau tapi gak ditekuni dengan dalam, yah alhasil sampai sekarang gak bisa jadi penyiar radio handal. padahal sebenarnya yah agen sama-samar kalau kalian pada niat sama satu bidang tekuni dan ikuti terus sampai akhirnya kalian bisa mendapatkan apa yang kalian harapkan.

2 komentar:

Adlina Haezah mengatakan...

aaaa gak dateng, pas itu baru buka whatsappnya dah telat banget :(

fanni mardhotillah mengatakan...

belum kelar ceritnaya kak adlina, masih cooming soon

Posting Komentar

 
;