Kamis, 29 Mei 2014

Apa bedanya Suka dengan Kagum?


"tidak seperti mereka yang gampang mengutakatik perasaan dan dengan mudah mengatakannya kepada dunia. Bagaimana cara untuk menjelaskannya kalau masih ada pembeda antara rasa kagum dan rasa suka."

itu adalah update tan saya pada akun sosial Facebook saya pada 14 mei lalu. sebagai anak remaja yang perlahan belajar arti kehidupan dan seluruh unsur-unsur didalamnya. bicara soal remaja, kita bicara juga tentang perasaan. emang masa remaja itu adalah masa dimana semua perasaan perlahan mencoba menghampiri, termasuk perasaan dengan lawan jenis. nah perasaan kepada lawan jenis ada beberapa macam, disini saya membagi menjadi dua serius/jangka waktu lama dan tidak serius/sementara. kenapa saya membagi itu menjadi dua bagian??? ayo kita bahas bersama.

menurut saya sih, dan berdasarkan pengalaman saya itu di bagi menjadi dua bagian di atas, karena bagi saya ada perasaan yang sesaat, mungkin karena mata kita yang melihat (itu) sebagai sesuatu yang menarik daya tarik kita, dan sayang satunya jangka waktu lama, itu karena mata kita melihat kemudian seluruh organ tubuh ini bersatu dan terbiasa merasakan kedekatan dan hati yang menyatukan semua itu.


sebagai seorang remaja wanita, saya mulai merasakan hal-hal itu semua dan mulai meneliti segala bentuk perasaan itu saat ini. kalau dulu masa-masa SMP atau SMA bakal suka sama cowok, kalau di ciye-ciyei sama temen-temen, yah bahasa gaulnya di comblangi gitu. tapi sejak semua berjalan kesini-sini itu uda gak mempan lagi. sudah muali mementingkan hati dan fikiran ini yang menyeleksi, walau banyak orang yang bilang ini itu tentang orang yang begini, begitu, berusaha untuk comblang-comblangi. yah itulah perasaan yang saya alami, seiring berjalannya waktu.



setelah semua hal-hal yang tadi tidak lagi bisa terulang karena hati dan fikiran sudah mulai bekerja dengan sendirinya, semakin bingung untuk memilah-milih mana rasa suka dan mana yang hanya rasa kagum.


suka 'menyukai', kagum 'mengagumi'. saya belum sempat untuk mengecek di KBBI tentang ari dari kedua kata ini, namun beberapa saat yang lalu saya sempat mencoba menjadi agen samar-samar yang sedikit terlihat, karena saya langsung bertanya dengan beberapa teman. banyak mereka yang menjelaskan bahwa, sangat jelas terasa perbedaan akan keduanya. karena suka yah suka, dan kagum ah kagum, selesai kan???


namun begitu panjang penjelasan mereka tentang itu semua saya masih sangat awam untuk tau apa yang menjadi pembeda, boleh dibilang saya sedikit lemot gitu deh. tapi setelah saya jalani, saya perhatikan diam, hanya hati dan fikiran juga yang dapat menyeleksi mana yang suka dan mana rasa kagum itu seiring berjalannya waktu dan mlai melihat pembeda antara keduanya.



Bagi saya suka terjadi karena ada sesuatu yang ada dalam diri seseorang, baik itu kekurangan, maupun kelebihannya yang membuat kita suka dengannya, terkadang rasa suka akan timbul terus menerus kepada satu objek saat kita terus memperhatikannya dan berada terus di sampingnya, sampai kita beubah menjadi orang yang super duper KEPO, pingin tau segala hal tentang dia, dari sering memperhatikannya, sering kepoi acoount sosialnya, cari tau segala hal tentang dia dah pokoknya, sampai rasa suka dan kepo berubah menjadi rasa nyaman dan akan tumbuh menjadi sayang. dan biasanya lagi kalau uda sayang, yah you knowlah yah, apalagi kalau uda sama-sama sayang, yah begitulah. yang namanya anak muda. rasa suka itu akan menjadi rasa jalam jangka waktu yang lama sampai kita juga gatau sampai kapan batas limitnya.



Nah untuk rasa kagum itu sendiri saya kategorikan sebagai perasaan sementara, karena biasanya rasa kagum hanya sesaat kita mengaguminya saja. biasanya rasa kagum terjadi karena kelebihannya, atau dia beda dari yang lain, atau yah gitu deh, biasanya rasa kagum tidak sekepo rasa suka, karena kita akan hanya kagum saat dia ada di samping kita, namun saat ia jauh, yah mungkin kita tidak akan memikirkannya apalagi akan kepo sekepo-keponya untuk cari tau tentang dia.



Itu sih berdasarkan pengalaman saya, semua tergantung sama perasaan agen samar-samar masing-masing buat bisa memilah milihnya. tapi ingat agen samar-samar, wakaupun kita suka/kagum sama seseorang, tetap ingat, tuhan, orang tua tetap nomer satu yah agen samar-samar, dan sekolah/kuliahnya jangan jadi terhambat karena masa-masa pubertas ini. dinikmati aja semuanya, tapi pilah pilih mana yang harus dirasakan indahnya. penyesalan selalu datang belakangan, kalo di depan namanya pendaftaran. selamat siang agen samar-samar.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;